POS.SCH.ID | MEDAN-Setelah lulus dari SMA PrimeOne School Medan, Wilbert memastikan diri dengan persiapan yang matang mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri, dan pilihannya adalah Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung.

Kerja keras putra pasangan Eddy Djohan dan Yeni Tan ini ternyata tidak sia-sia. Ia sekarang tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran UNPAD Bandung. Keinginan dan impiannya untuk menjadi seorang dokter sejak masih duduk di kelas 2 SMA semakin mantap dan pasti.

Wilbert memilih UNPAD, karena baginya UNPAD merupakan universitas yang ternama terutama dalam pendidikan kedokterannya.

“Disamping itu, saya melihat dengan menempuh pendidikan tinggi di UNPAD, saya dapat mengembangkan potensi diri saya menjadi lebih maksimal. Saya juga merasa puas dengan hasil yang telah saya dapatkan karena saya mengetahui bahwa saya telah melakukan yang terbaik saat persiapan ujian UTBK,” tandasnya.

Setelah lulus dan diterima di UNPAD, Wilbert bercita-cita untuk lulus tepat waktu dengan predikat yang memuaskan. Kelak setelah menyandang profesi dokter, Wilbert ingin menjadi dokter yang dipercayai masyarakat serta berguna bagi bangsa dan negara.

Saat ditanya pengalamannya setelah duduk di bangku kuliah, Wilbert menyampaikan bahwa yang paling mengesankan adalah saat pengumuman hasil ujian. Pada saat itu, ada kalanya kita tidak puas dengan nilai yang kita dapatkan tetapi seiring berjalannya waktu, saya belajar memahami kondisi tersebut dan berusaha untuk mengintrospeksi diri lagi dan akhirnya belajar dari kesalahan yang telah saya lakukan.

Wilbert berpesan kepada teman-teman bahwa kerja keras tidak akan mengkhianati hasil oleh karena itu, teruslah berusaha agar dapat mendapatkan hasil yang terbaik. Jangan lupa untuk selalu introspeksi diri dan mengoreksi kesalahan yang ada agar kedepannya dapat menjadi manusia yang lebih unggul.

Wilbert menyampaikan pesan khusus kepada generasi muda agar memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mencari hal yang digemari dan tentunya yang bermanfaat bagi masa depan.

“If you fail to plan, you plan to fail, oleh karena itu, dalam melakukan hal apapun, selalu persiapkan planning yang matang agar kita tidak hilang arah maupun hilang motivasi pada saat menjalankannya nanti. Apabila Anda sudah mengetahui apa yang ingin Anda lakukan di masa depan, berusahalah dengan giat dan tekun agar apa yang Anda idamkan dapat tercapai. Tentunya, berusahalah untuk mencari kelebihan dalam diri Anda sendiri agar dapat menjadi yang terbaik,” paparnya.

Secara khusus, Wilbert membagikan pengalamannya saat sekolah di POS Medan. Menurutnya, selain pendidikan karakter, yang juga menjadi kelebihan POS Medan adalah telah memberikannya wadah untuk mempelajari Bahasa Inggris dan mempraktekkannya dengan baik dan benar dimana hal tersebut menjadi suatu keunggulan untuk dapat berhasil di era saat ini.