POS.SCH.ID | MEDAN – Nur Zafika Ruslan, adalah lulusan SMA PrimeOne School Medan tahun 2021 dan melanjutkan kuliahnya ke President University Jurusan Business Administration.

Putri pasangan Ruslan Zainal dan Novirita Yani ini memastikan diri memilih jurusan tersebut di perkuliahan karena saat duduk di bangku SMA, ia memilih kelas sosial.

“Salah satu pelajaran yang kami pelajari di jurusan sosial adalah business studies dan itu adalah salah satu pelajaran favorit saya, major concentration yang saya pilih adalah digital business di mana saya ingin belajar tentang bisnis digital lebih dalam,” katanya.

Tujuan ke depannya, lanjut Nur adalah untuk bisa mengembangkan bisnis.

Saat ini selain menjadi seorang mahasiswi, Nur bersama kakaknya menjalankan bisnis kuliner atau makanan yang dijual berbasis online berupa Food and Beverages, Instagramnya adalah : thefood.mdn.

“Saya dan kakak saya membuka usaha ini di saat masa awal pandemi Covid-19, di mana semua orang bekerja dan berkegiatan hanya di rumah dan untuk tetap produktif di masa pandemi ini akhirnya kakak saya mengembangkan idenya untuk membuka bisnis di mana sudah dia rancang sebelum masa pandemi dan kenapa di bidang makanan, yak arena hobby, hobby kami adalah memasak dan sejak kecil keluarga kami memiliki usaha di bidang makanan seperti catering,” jelasnya.

Nur Zafika mulai tertarik dengan usaha ini karena ajakan kakaknya, yang sudah merencanakan bisnis ini saat dia berada di Malaysia.

“Kakak saya sudah merencanakan bisnis ini dan ingin membuat satu bisnis di bidang makanan dan menjualnya secara online. Saat kembali dari Malaysia tepat di awal pandemi dia mengajak saya untuk memulainya. Sebenarnya, sejak menjadi siswi PrimeOne School saya sudah diajarkan menjadi entrepreneur seperti berjualan di acara bazar saat ada event sekolah,” paparnya.

Lebih lanjut Nur Zafika menyampaikan bahwa untuk tugas akhir sekolah pun dia dan teman kelompoknya juga membuat satu project plan dimana siswa harus memikirkan satu bisnis yang realistis dan menganggap bahwa kelompok kami ini adalah kelompok entrepreneur.

“Saya bersekolah di PrimeOne School sejak saya Playgroup dan bisa dibilang saya banyak menghabiskan waktu saya di sekolah dan tentu saja saya memiliki rasa bangga terhadap sekolah saya sendiri, beberapa hal yang saya banggakan adalah saya diajarkan dari kecil untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris,” katanya.

Kemudian, lanjutnya di PrimeOne School kami dituntun untuk menjadi murid yang aktif yaitu kami harus berani untuk tampil dan berbicara di depan banyak orang seperti saat melakukan performance di berbagai event, melakukan presentasi, dan setiap event internal sekolah pasti para murid akan ikut andil di mana kami semua belajar untuk bekerja dalam tim.

Kesibukan Nur Zafika menekuni bisnis kuliner online, tidak mengganggu kuliahnya. Nur berharap usaha ini berkembang lebih besar dan juga mungkin suatu hari nanti bisa memiliki restoran yang akan membuka cabang di berbagai kota dan diketahui banyak orang.

“Memulai bisnis ini dengan kakak saya menjadi pengalaman paling mengesankan, kami berani untuk keluar dari zona nyaman untuk membangunnya dan tentu saja membangun bisnis bukanlah hal yang mudah, pasti ada naik dan turunnya. Saya dan kakak saya berani mengambil risiko apapun ke depannya,” tandas Nur Zafika.

Di akhir percakapan dengan Nur Zafika, ia berpesan kepada generasi muda agar berani melangkah keluar dari zona nyaman, dan mencoba berbagai hal baru karena inilah saatnya kita untuk berkembang agar memiliki masa depan yang cerah, dan juga sudah harus memulai memikirkan apa saja target yang ingin dicapai supaya tau jalan mana yang dipilih untuk mencapai target tersebut.

“Di masa pandemi ini, kita lebih banyak berada di rumah. Tetaplah berusaha untuk produktif dengan mencoba hal baru dan dengan cara itu kita akan mengetahui potensi kita yang sesungguhnya ke arah mana,” katanya.