POS.SCH.ID | MEDAN – Siswa PrimeOne School (POS) Medan, Nazwa Alika Shafa berhasil menjadi Duta Siswa Intelegensia Sumatera Utara 2021 setelah mengikuti berbagai tahapan. Prestasi Nazwa ini menambah daftar siswa POS Medan yang berprestasi dalam berbagai kompetisi.

Nazwa adalah siswa kelas 1 SMA POS Medan, putri dari pasangan dr. Yudha Prayogi dan Ismaliani Sofa memiliki minat dan kemauan yang sangat tinggi untuk bisa tampil beda di depan publik.

Didukung kedua orang tua, Nazwa baru-baru ini megikuti kompetisi Pemilihan Duta Sumatera Utara yang digelar Lingkar Inspirasi Bangsa. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari duta/role model untuk siswa-siswi di Sumatera Utara yang memiliki kemampuan dan “Berprestasi untuk Membangun Negeri”.

Dalam kompetisi ini, Nazwa melangkah pasti dan menjadi Duta Siswa Intelegensia Sumatera Utara 2021 dan menjadi Top 6 Duta Siswa Sumatera Utara 2021.

Menurut Nazwa, kompetisi ini diawali dengan melakukan pemilihan yang sangat ketat mulai dari ratusan orang yang mendaftar dari Sumatera Utara hingga akhirnya menjadi 29 orang untuk menjadi finalis Duta Siswa Sumatera Utara. Dari berbagai tahapan yang diikuti, Nazwa dipercaya dan terpilih menjadi Duta Siswa Intelegensia Sumatera Utara 2021.

“Saya sudah tertarik untuk mengikuti perlombaan menjadi duta sejak saya masih duduk di bangku SMP. Persiapan saya banyak tetapi semuanya dilakukan dengan singkat. Mulai dari penampilan bakat, saya hanya menghabiskan waktu lebih kurang 4 jam yaitu di hari sebelum saya karantina perlombaan selama 2 jam dan H-1 saya akan menampilkan bakat saya, saya berlatih pada malam hari hanya 2 jam. Lalu saya juga berlatih untuk berfikir kritis pada saat wawancara dan pada saat memberikan pendapat, karena di sini banyak sekali siswa-siswi dari berbagai daerah di Sumatera Utara yang sangat luar biasa dalam memberikan argumen mereka,” jelas Nazwa.

Nazwa menceritakan bahwa ada 4 tahapan yang harus dilalui dalam kompetisi ini, mulai dari tahap seleksi berkas, ada ratusan orang yang diseleksi menjadi 60 lebih, kemudian dalam seleksi pengetahuan dan interview di ambil 30 peserta tetapi jadi 29 peserta karena ada salah satu finalis yang terpapar positif Covid-19. Kemudian, mengikuti tahap karantina dari tanggal 7-9 Agustus 2021 dan acara puncak/final yaitu pada tanggal 10 Agustus 2021.

Setelah berhasil menjadi salah seorang Duta Siswa Sumatera Utara 2021, Nazwa berharap bisa menginspirasi semua siswa-siswi khususnya di Sumatera Utara untuk memiliki keberanian dan motivasi menjadi yang terbaik.

“Bagi saya, pengalaman yang sangat luar biasa yang saya dapatkan di kompetisi ini adalah saya mendapatkan keluarga baru yang selalu mendukung tanpa menjatuhkan saya karena saya dan teman-teman yang menjadi finalis di Duta Siswa Sumatera Utara 2021 mempunyai tujuan yang sama yaitu Berprestasi untuk Membangun Negeri,” tandasnya.

Di akhir percakapan dengan Nazwa, ia membagikan tipsnya. Jangan pernah berhenti mencoba untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat karena kita tidak pernah tahu kapan kita akan beruntung, dan jangan pernah takut gagal karena gagal adalah hal yang biasa di perlombaan karena dari kegagalan kita bisa mengevaluasi diri kita menjadi lebih baik lagi.

“Lakukanlah hal yang bermanfaat dan selalu berjuang untuk mendapatkan keberhasilan karena kita adalah penerus bangsa yang bisa mengubah negara ini menjadi lebih baik,” katanya.

Secara khusus, ia juga memberikan apresiasi kepada PrimeOne School yang memberikan dukungan dan semangat kepada Nazwa untuk ikut dalam kompetisi ini.

“POS Medan telah mengajarkan saya untuk percaya diri dan mengatur waktu yang ada dengan baik,” tegasnya.