POS.SCH.ID | MEDAN-Michael Gonathan, lulusan sekolah satuan pendidikan kerjasama (SPK)/sekolah internasional PrimeOne School (POS) Medan berhasil lulus dan memperoleh beasiswa di National University of Singapore jurusan teknik kimia (Chemical Engineering).

Anak pertama dari dua bersaudara memperoleh beasiswa 100 persen dengan nilai dalam rupiah mencapai 1,1 Miliar.

Putra pasangan Bernath dan Elya ini menyampaikan bahwa rincian beasiswa yang ia peroleh adalah tuition fees (after MOE Tuition Grant Subsidy) :

  • S$5,800 annual living allowance
  • S$1,750 one-time computer allowance upon enrolment
  • S$3,000 annual accommodation allowance
    Total keseluruhan SGD 107550 atau setara dengan IDR 1,1 M.

Michael menyampaikan, untuk mendapatkan beasiswa tersebut setiap mahasiswa di universitas yang berminat akan secara otomatis dipertimbangkan untuk mendapat beasiswa ini. Setelah melamar, setiap mahasiswa akan diinterview dan dinilai apakah layak mendapat 100 % atau tidak.

“Untuk mendapatkan beasiswa ini, persiapan yang saya lakukan adalah melatih kemampuannya salah satunya adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara dengan tepat. Ketika dinyatakan lulus memperoleh beasiswa 100 persen, saya sangat senang,” paparnya.

Ke depannya, setelah tamat dari S-1, Michael bercita–cita untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang S-2 di MIT.

Saat wawancara dengan prime-news.id, Michael berpesan kepada generasi muda untuk selalu mengingat bahwa kegagalan adalah kesempatan kedua untuk belajar dari kesalahan yang sebelumnya dan segeralah memperbaikinya. ‘Failure is just a second opportunity to learn from your mistakes!’

“Cobalah untuk melakukan banyak hal dan jangan takut gagal, sebab kegagalan perlu dipertimbangkan di kemudian hari. Secara khusus, saya menyampaikan terimakasih kepada POS Medan sebagai tempat saya belajar banyak hal, baik akademis maupun non akademis. Thank you POS for unforgettable moment!”katanya.