POS.SCH.ID | MEDAN-Jaxine Thalia Chen, adalah lulusan sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK)/internasional PrimeOne School Medan tahun 2021, saat ini sedang kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara jurusan Pendidikan Dokter.

Putri pasangan Sri Fransnatha dan Citra Dewi berhasil lulus ke PTN lewat jalur ujian SBMPTN 2021 lulus di Fakultas Farmasi USU, kemudian mengikuti SMM (Seleksi Masuk Mandiri) USU 2021 dan berhasil lulus di Fakultas Kedokteran USU.

Bagi Jaxine, kuliah di PTN dan memilih USU adalah keinginannya sejak kelas 1 SMA. Ia memilih kampus USU karena USU merupakan salah satu universitas dengan Fakultas Kedokteran terbaik, dan lokasinya berada di Medan.

“Secara realistis juga, USU merupakan salah satu PTN yang saya merasa optimis dapat masuk setelah melihat hasil-hasil tryout UTBK saya selama ini,” tandasnya.

Berhasil lulus dan diterima di FK USU menjadi kebanggaan tersendiri bagi Jaxine, karena selama beberapa tahun sewaktu masih di SMA ia sudah menghabiskan banyak waktu luang untuk belajar dan belajar agar mendapakan hasil yang sesuai harapannya. Ia juga kerap berlatih mengerjakan soal-sosal try out dan menonton video yang berisi materi-materi belajar secara konsisten dan fokus.

Setelah masuk USU, harapan Jaxine yang paling pertama pastinya adalah ingin lulus dan menjadi seorang “7 star doctor”, seorang dokter yang ideal, profesional dan berkualitas.

“Saya juga ingin menambah lebih banyak pengalaman seperti misalnya berorganisasi atau mengikuti kepanitiaan acara-acara di kampus maupun di luar kampus.

“Di kampus, kami memiliki sebuah organisasi yang sangat membantu kami dalam mengenal lingkungan kampus dan juga membantu proses pembelajaran kami karena para senior yang ada ternyata sangat ramah. Sedangkan yang paling mengesankan saat mempersiapkan ujian adalah saya mendapatkan beberapa teman baru yang mau membahas soal-soal latihan dengan saya dan bertukar pikiran ” paparnya.

Berikut ini adalah tips yang disampaikan Jaxine kepada generasi muda, fokuslah pada pelajaran sekolah. Semua coursebook IGCSE dan A Level juga sangat membantu dalam persiapan untuk UTBK.

“Jika kalian benar-benar fokus pada pelajaran sekolah dan paham apa yang diajarkan, tes potensi akademik (TPA) nantinya hanya perlu review dan mendalami beberapa saja sedangkan untuk tes potensi skolastik (TPS), kalian perlu banyak berlatih ” tandasnya.

Jangan lupa, tambah Jaxine tentukan target jurusan dan universitas kalian lalu perbanyaklah searching passing grade dan search juga persebaran topik per sub-test agar kalian tau, topik mana yang paling sering ditanyakan dan kalian harus kuasai.

“Yang terakhir, jangan menyerah. Banyak jalan menuju Roma, searching dan pelajari semua jalur-jalur masuk yang ada, dan jangan takut untuk mencoba. Apabila gagal pada satu tes, coba lagi tes yang lain. Jangan takut mengambil risiko, what’s life without taking risks?” tegasnya.

Lebih lanjut, Jaxine Thalia Chen menyampaikan bahwa pada bulan September-Oktober 2021, Jaxine sempat mengikuti salah satu kepanitiaan PEMA FK USU English Competition (PESCO) sebagai anggota Competition Division dan Moderator perlombaan.

“Maret 2022, saya diberi amanah untuk menjadi Koordinator Divisi Dana dan Usaha kepanitiaan PoA LKMM-SoK Lokal PEMA FK USU 2022 yang merupakan sebuah kepanitian yang terdiri atas seluruh angkatan sebagai salah satu bentuk ‘tugas’ dari jalur kaderisasi FK USU,” katanya.

Di akhir percakapan dengan Jaxine, ia menceritakan kesan dan pesannya bahwa PrimeOne School, adalah tempat yang berkesan baginya dalam mempelajari banyak hal, bukan hanya akademis tapi juga non akademis.

“Menjadi siswa POS sangat membantu saya dalam lingkungan FK yang 70% materinya disampaikan dalam Bahasa Inggris. Selain itu juga, melalui POS saya terlatih untuk think outside the box,” tegasnya.