PrimeOne School konsisten dalam menjalankan program – program pendidikan yang bertujuan untuk peningkatan kemampuan akademik, keterampilan, bakat dan karakter setiap pribadi yang terdapat di dalamnya.

Sebagai implementasi dari program – program pendidikan POS, maka pada tanggal 29 Januari 2018 peserta didik jurusan IPA Senior High 3 tahun pembelajaran 2017 – 2018 melakukan class trip mengunjungi Sekolah Luar Biasa (SLB) Karya Tulus Medan untuk mengenal lebih jauh perbedaan kromosom (chromosome disorder) yang telah mereka pelajari di pelajaran Biology. Ms. Ciara Blanca Alfonso, M.A. Com., sebagai guru bidang studi menggunakan kesempatan ini untuk melibatkan peserta didik untuk berinteraksi dengan penyandang Down Syndrome dan keterbelakangan mental. Sebagai tambahan, kegiatan ini memberi kesempatan kepada para peserta didik PrimeOne School untuk bersosialisasi dan berbaur dengan para siswa SLB Karya Tulus dengan melalui kegiatan berkelompok dan makan siang bersama.

Peserta didik POS didampingi oleh guru bidang studi mengkoordinasikan kegiatan kunjungan ini agar dapat berjalan dengan baik. Kegiatan dimulai dengan pertunjukan peserta didik SLB Karya Tulus dalam tarian tradisional Tor Tor, dan dilanjutkan dengan sesi bermain dan berinteraksi dimana setiap para peserta didik SLB Karya Tulus boleh memilih masing – masing satu peserta didik dari SMA PrimeOne School sebagai rekan tim selama kunjungan berlangsung. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama dimana semuanya duduk bersama, makan, mengobrol dan bercanda dengan lepasnya.

Kegiatan amal dan pembelajaran tersebut ditutup dengan doa penutup yang dibawakan oleh suster sekolah yang merupakan pembina dan penanggung jawab dari SLB tersebut. Sebelum bertolak kembali ke sekolah, peserta didik POS berbagi souvenir kepada peserta didik SLB Karya Tulus sebagai kenang – kenangan. Perjalanan ini benar – benar merupakan perjalanan yang berarti bagi semuanya.