Pos.sch.id | Medan : Fernanda Gabriele Hutapea, lulusan SMA PrimeOne School (POS) Medan Tahun Ajaran 2012/2013, kemudian melanjutkan pendidikannya ke Taylors University Malaysia Jurusan International Hospitality Management.

Setelah menamatkan kuliah di negeri jiran Malaysia, Fernanda Gabriele memulai karirnya di dunia perhotelan. Putri dari pasangan Anthony Ricardo H/Tetty Kartika S ini diterima bekerja di Grand Hyatt Jakarta. Saat ini ia menjabat sebagai Team Leader of Learning & Development.

“Saya pertama kali diperkenalkan ke dunia perhotelan ketika saya masih kuliah, tetapi saya selalu tertarik untuk berbicara di depan umum sejak SMP. Karena sekarang saya sudah bekerja di Grand Hyatt Jakarta sebagai The Team Leader of Learning & Development, saya sering melakukan pelatihan dan seminar untuk para karyawan, dari induksi awal hingga program kepemimpinan untuk eksekutif senior,” demikian disampaikan Fernanda saat diwawancarai dari Medan.

Sekolah SPK PrimeOne School Medan, kata Fernanda telah mengajarinya banyak hal terutama tentang keterampilan berkomunikasi.

“Saya memiliki pengalaman pertama sekali berbicara di depan umum ya di POS Medan, sejak saya bergabung dengan kelas penyiaran dan juga kelas debat. Saya juga menemukan passion saya di atas panggung ketika saya menjadi MC POS Open House pertama di gedung North pada tahun 2007/2008. Sekolah juga menyediakan beragam program bagi saya untuk menyalurkan bakat. Saya mendapat giliran jadi penyiar radio sekolah setiap hari Kamis dan menjadi MC untuk acara Monthly Performance. Sejak itu saya menjadi lebih nyaman berbicara di depan orang banyak dan mulai menjadi host untuk acara di luar sekolah,” kata Fernanda.

Siapa yang bisa menduga kalau akhirnya, setelah beberapa tahun kemudian Fernanda mendapat kepercayaan untuk berbicara di depan umum dan itu menjadi bagian penting dari pekerjaannya.

“Saya menikmati setiap pelatihan dan seminar yang saya lakukan untuk rekan kerja di Hyatt dan saya harus mengatakan bahwa semuanya dimulai ketika saya menemukan hasrat saya di masa sekolah dulu. Saya ingin terus menginspirasi orang melalui pekerjaan saya,” tandasnya.

Apakah tidak punya keingingn untuk meningkatkan karir? Fernanda langsung menjawab, saya berharap untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi tahun ini di Hyatt dan berharap untuk memperluas pengalaman pelatihan saya di luar Industri Perhotelan.

“Awalnya saya tidak berencana untuk bekerja di Grand Hyatt Jakarta. Setelah lulus dari Taylors University Malaysia, saya berencana untuk bekerja di Shanghai. Saya pikir ini mungkin kesempatan bagus untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Mandarin saya dan juga bisa secara langsung melihat industri pariwisata dan perhotelan China yang telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir,” katanya.

Tapi, lanjut Fernanda ada kendala dalam proses pembuatan Visa dan akhirnya ia pun kembali ke Indonesia. Kemudian, ia mulai mencari pekerjaan lain dan akhirnya diterima di Hyatt Jakarta. Fernanda memulai semuanya dari nol, karena pada awalnya ia tidak tahu dunia “Learning and Development”.

“Pertama kali diterima bekerja sebagai pekerja magang, saya ingat betapa saya begitu penasaran dan bersemangat tentang pekerjaan baru ini . Saya bekerja keras selama 6 bulan penuh, lalu akhirnya saya diangkat sebagai karyawan tetap. Sekarang, tak terasa sudah 3 tahun bekerja, dan saya mengalami tahun- tahun yang menakjubkan. Sepertinya, kegagalan bekerja di Shanghai telah menuntun saya berkarir di Hyatt Jakarta,” paparnya.

Di akhir perbincangan dengan anak Medan ini, Fernanda Gabriele menyampaikan satu hal sebagai motivasi kepada generasi penerus bangsa ini.

“Carilah hal-hal yang kalian sukai. Cobalah hal-hal baru setiap hari sampai kalian menemukan minat terbaik kalian, karena itu tidak akan muncul sendiri tanpa mencobanya,” tandasnya.