POS.SCH.ID | MEDAN – Nama lengkapnya Anisa Alifia, alumni sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK)/Internasional PrimeOne School Medan tahun 2017, berhasil menjadi salah satu wakil Indonesia mengikuti program yang diadakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada ini berhasil menjadi Model United Nation, ALSA Conference at United Nations in Lao PDR dan International Negotiation Competition in New Delhi, India.

Putri pasangan Ir. Irwan Bahri dan Dr. Endang Sulistya Rini, SE, M.Si ini merasa bangga bisa menjadi wakil Indonesia ke dunia internasional.

“Saya merasa terhormat, bangga, dan tertantang ketika membawa nama Indonesia saat mengikuti lomba. Tidak hanya dituntut untuk memiliki keahlian komunikasi yang baik, saya juga harus menjaga sikap saya agar dapat memberikan kesan yang baik kepada dunia internasional, karena di dalam diri saya melekat nama negara, yaitu Indonesia,” katanya.

Untuk mengikuti kompetisi ini, Anisa mempersiapkan diri dengan berlatih selama 3 bulan. Tentunya pengalaman berkompetisi ini menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi Anisa karena bisa menjadi Best Speaker di the UNICEF Chamber.

Lebih lanjut anak ke-empat dari empat bersaudara ini menyampaikan, bahwa informasi terkait kompetisi ini diperoleh di kampus dan selama kegiatan, Anisa dan teman-teman mengikuti welcoming dinner, tanya jawab, dan city-tour. Kegiatan Model United Nation berlangsung 3 hari demikian juga International Negotiation Competition.

“Ada banyak pengalaman yang mengesankan selama mengikuti kegiatan ini. Tidak hanya berdiskusi mengenai topik perlombaan, hal yang berkesan lainnya adalah dapat berdiskusi mengenai berbagai topik termasuk isu hukum di dunia dengan peserta lainnya,” tandasnya.

Secara khusus, Anisa Alifia berbagi tips kepada generasi muda agar teruslah haus akan ilmu, berani untuk keluar dari comfort zone, terus mencoba hal-hal baru.

Sebagai alumni PrimeOne School, menurut Anisa, POS Medan telah memberikan banyak kesempatan untuk belajar, serta mengasah soft skill dan hard skill melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan di sekolah, mulai dari pekan Sains dan pekan lainnya, OSIS, perlombaan, serta monthly performance yang tidak dapat dipungkuri telah berperan untuk meningkatkan rasa percaya diri untuk tampil di depan publik.